Tugas Observasi (Individu) : SMK TRITECH INFORMATIKA jln Bhayangkari, Krakatau Medan


.



Nama Observer                       : Qisty Anindiati Sitepu
Nim  Observer                         : 091301019
Kelas                                       : X-TKJ 4 Reguler
Mata Pelajaran                        : Biologi
Nama Guru                             : IDA ZURAIDA
Waktu Mengobservasi            : 11.45 Wib – 12.15 Wib
Durasi Observasi                     : 30 Menit
Jumlah Siswa/siswi                 : 24 Orang
Media Pembelajaran
yang digunakan Guru             : Laptop, TV LCD, White Board, Spidol
Media Pembelajaran
yang digunakan Murid            : Buku bacaan, Laptop dan Alat Tulis
Situasi Fisik Kelas      
1.      Ukuran kelas   : 9x8
2.      Tata Letak kelas                      : Menghadap KeUtara, meja gur berada didepan dan terdapat 2 kursi
3.      Benda-benda dalam kelas     : AC (2 buah), Kipas Angin, Lemari, Whiteboard, Kursi bermeja (24      buah), Jam dinding ,  dan Arus listrik.
4.      Alat Observasi            : Kertas, Pulpen, dan Camera




a.      Observasi Berdasarkan 9 (Sembilan) Tahapan Belajar  Teori Robert Gagne


Tahapan
Keadaan Kelas
Penjelasan
1.  Memerhatikan

Ya
Murid mendengarkan dengan seksama materi pembelajaran yang berikan oleh guru secara ceramah menggunakan media pembelajaran yang digunakan
2. Harapan
Ya
Murid menerima informasi yang disampaikan oleh guru dengan baik dan beberapa mencatat hal-hal penting yang diperlajari.
3.   Pengambilan Kembali Untuk dibawa Keingatan Kerja
Ya
 Murid sudah mampu membedakan hal-hal yang sebelumnya mereka kira sama namun ternyata berbeda melalui informasi yang disampaikan guru (Diskriminasi)
4. Persepsi selektif terhadap ciri Stimulus
YA
 Murid bisa menerima materi yang disampaikan guru dan ketika mereka ditanyakan kembali sebagian murid mampu menjawab pertanyaan dari guru dan mengingatnya.
5. Pengkodean semantik
YA
 Materi yang sebelumnya pernah diajarkan guru mampu diingat murid dengan baik bahkan ketika guru menanyakan kembali materi tersebut kepada mereka
6.Pengambilan Kembali dan Respons
Ya
Beberapa murid cukup banyak yang mengacungkan tangan untuk menjawab ketika guru menanyakan sesuatu pada mereka.
7. Penguatan
Tidak
Terkadang murid yang berada di kursi belakang tidak terlalu focus pada pelajaran mereka dan sesekali terlihat mengobrol dengan temannya yang lain. bahkan ada yang menggunakan ponsel dikelas.
8. Pengambilan Petunjuk
Ya
Murid tidak segan-segan bertanya kepada guru apa yang mereka tidak ketahui dan guru senantiasa menjawab dengan baik pertanyaan murid
9.Kemampuan generalisasi
Ya
Melalui media pembelajaran seperti Laptop dan LCD guru menampilakan gambar-gambar dan penjelasan mengenai suatu hal sehingga murid mampu membedakannya.






         





























  



















 ( dikutip dari table 5.3 Ringkasan Sembilan Tahapan belajar hal 186)

a.   B.   Uraian Observasi Berdasarkan Keterampilan Intelektual Teori Gagne

No
Tipe Kapabilitas
Penjelasan Obsevasi
1.    
Belajar Diskriminasi
Menggunakan media pembelajaran yang tersedia guru menjelaskan dan menguraikan apa-apa saja hal-hal yang perlu diketahui oleh siswa sehingga siswa mampu membedakan dan mendikriminasi objek-objek tertentu secara lebih nyata
2.
Belajar Konsep/konsep konkret
Walaupun siswa tidak diberi contoh secara langsung mengenai bentuk suatu objek, namun berdasarkan penjelasan dan gambar-gambar yang ditampilkan di layar tv LCD dan digambar guru di whiteboard menjadikan murid cukup bisa mengerti dan mengetahui objek seperti apa yang seharusnya.
3.
Konsep yang Didefenisikan
Ketika guru menjelaskan tentang apa itu kanker pada murid, guru hanya menjelaskan apa itu kanker, penyebab kanker dan pencegahannya, tanpa ada contoh langsung bagaimana bentuk suatu kanker. dll.
4.
Belajar Aturan
Murid aktif bertanya kepada guru mengenai hal yang kurang dipahami dan mengkonfirmasi suatu hal. walaupun kadang keaktifan murid luar biasa (rebut) namun seperti guru tidak terlalu perduli akan keributan yang terjadi asalkan murid mengerti apa yang disampaikan dan memahami maksud dari materi tersebut.
5.
Belajar Kaidah yang Lebih Tinggi  (pemecahan masalah)
Selain murid yang bertanya tidak jarang guru juga bertanya pada murid akan materi yang disampaikan dan memastikan murid paham.  dan murid juga mampu menjawab pertanyaan guru dengan baik walaupun terkadang diiringi dengan humor. 
(Dikutip dari table 5.4. Ringkasan keterampilan intelektual dari yang sederhana ke yang kompleks hal 189 )

 Kesimpulan Dari Observasi (Testimoni)
Seperti halnya yang telah disampaikan oleh Gagne dalam mendekripsikan sifat unik dari kegiatan belajar . maka dari hasil observasi yang telah dijalani didapat bahwa. setiap individu itu berbeda-beda dalam cara belajar dan bagaimana mereka mengerti akan suatu hal. sifat unik individu ketika belajar menjelaskan bahwa sebenarnya semua orang bisa belajar dengan cara mereka sendiri sampai benar-benar mereka memahami sendiri proses belajar yang mereka lakukan.
            Terlepas dari kekurangan yang ada, SMK TRITECH INFORMATIKA menawakan konsep belajar yang berbeda dari sekolah pada umumnya dengan menyajikan apa yang sekolah kebanyakan belum menggunakannya. kita mengetahui bahwa di era globalisasi seperti ini, teknologi bukan lagi barang baru dan internet juga sudah tidak terlepas dari dunia pendidikan. untuk itu sekolah ini mencoba menyajikan konsep E-learning Web centric course dimana mencoba menyatukan metode balajar-mengajar secara langsung dan metode e-learning. 
Dengan memfasilitasi media belajar seperti ini tentunya diharapkan murid akan lebih mudah memahami pelajaran dan mengerjakan tugas dan lain sebagainya seta lebih tertarik dengan proses belajar yang melibatkan teknologi yang sedang trend saat ini.
            Sekolah ini sebenarnya sudah berusaha menghadirkan konsep belajar e-learning yang baik hanya saja terdapat beberapa kekurang yaitu sebagai berikut :
1.      Gedung sekolah yang belum sempurna (masih tahap pembangunan)
2.      Kebanyakan guru-guru yang ada  terlihat terlalu muda terlihat dari bagaimana kurang berpengalaman dalam mengajar dan tidak bisa mengontrol murid, lain dengan guru-guru senior yang terlihat bahwa murid-murid menghormatinya.
3.      beberapa fasilitas seperti AC dan lemari tidak berjalan sesuai fungsinya.
Berdasarkan kekurangan yang ada, diharapkan sekolah lebih meningkatkan lagi kualitas dari pendidikan e-learning yang masih baru di dunia pendidikan saat ini. dan lebih mengoptimalkan SDM pengajar atau pendidik yang berpengalaman sehingga menghasilkan murid-murid dengan kualitas baik dan performa yang menjanjikan untuk dunia kerja .

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OBSERVASI:
Kelebihan
1.      Sekolahnya masih baru sehingga lebih mudah diobsevasi dan guru-gurunya welcome atas kedatangan kami
2.      Murid-murid juga menerima kami dengan baik dan sopan menyapa kami.
3.      Karena ini sekolah yang mengusung e-learning pertama kali yang saya ketahui sehingga ini merupakan pengalaman baru bagi saya  dan mungkin semua teman-teman.
4.      Ketika mengobsevasi terlihat murid tidak ada yang terganggu dengan keberadaan kami dan mereka tidak terlihat  berpura-pura (faking)
Kekurangan
1.      Sekolahnya terlalu jauh dari kampus, sehingga memakan waktu lebih dari 2 jam pulang-pergi  dari USU ke Krakatau
2.      Jalanan macet, ada demo buruh ketika perjalanan pulang
3.      Sekolahnya masih tahap pembangunan sehingga cukup membahayakan untuk beberapa kontruksi bangunan yang belum selesai, dan sekolah terkesan tidak rapi
4.      Hanya beberapa kelas yang pendingin ruangannya hidup sebagian lagi mati, sehingga agak panas dan gerah padahal jendela dan fentilasi udara diruang kelas kurang.
5.      Durasi observasi cukup singkat, dan diawal pembagian kelas sempat sedikit terjadi keributan mengenai ruangan yang akan diobservasi.

Your Reply

Wise Words

Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school - Albert Einstein

Do you want sharing with me..

let's coment my blog.. hehehehe ^^

About Author

Thank you for your attention..

Pages