Tugas Kasus


.

Analisis Kasus

Ketika ada seorang peserta didik (pelajar) terlambat masuk kelas padahal pengajar (pendidik) dan peserta didik lainnya sudah berada dikelas terlebih dahulu, namun pelajar yang terlambat itu tetap memutuskan untuk masuk kelas. Tindakan apa yang seharusnya dilakukan baik, oleh murid yang terlambat, pengajar yang sudah ada dikelas dan murid-murid yang ada dikelas ? hubungkan dengan teori Pendidikan Orang Dewasa.

Jawab

Saya melihat kasus ini dan menghubungkannya dengan teori dari ( Soedomo, 1989) yang membahas tentang cirri-ciri orang dewasa belajar

1. Memungkinkan timbulnya pertukaran pendapat, tuntutan, dan nilai-nilai.

2. Memungkinkan terjadi komunikasi timbal balik

3. Suasana belajar yang menyenangkan dan menantang

4. Mengutamakan peran peserta didik

5. Perlu adanya saling percaya antara pembimbing dan peserta didik

6. Motivasi belajar berasal dari diri sendiri, dan lain-lain

Jika dihubungkan dengan teori maka kita dapat melihat kasus ini menjadi ketika pelajar yang terlambat itu memutuskan untuk tetap masuk kelas padahal pengajar sudah berada dikelas, maka sebagai orang dewasa ia harus berfikir dan mempertimbangkan tindakan ia untuk tetap masuk. Ia harus berfikir bahwa efek dari keterlambatan ia akan menganggu suasana kelas. Suasana yang tadinya nyaman, akan sedikit mengganggu karena kehadirannya.

Sedangkan dari sisi pengajar dan peserta didik lainnya mereka dapat menerapkan aturan-aturan yang sudah terlebih dahulu diterapkan dikelas ini, seperti toleransi keterlambatan. Jadi ketika ada siswa yang terlambat lihat apakah ia sudah lewat dari toleransi waktu atau belum. Jika belum maka kita dapat mempertimbangkannya untuk masuk, dan jika sudah lewat ingatkan dia bahwa toleransi keterlambatan sudah lewat dan ia tidak boleh masuk.

Yang terpenting dari belajar dikelas itu adalah adanya rasa tanggung jawab dan toleransi atas tindakan dan perbuatan masing-masing sehingga hal itu tidak akan mengganggu kekondusifan belajar dikelas.

KESIMPULAN

Dari beberapa pendapat yang sudah diungkapkan dikelas sebelumnya, saya menyimpulkan bahwa ketika belajar dikelas semua masing-masing orang harus mengetahui kewajiban dan hak-haknya sebagai seorang pelajar maupun pendidik. Ada kalanya dimana kita bisa menjalankan hak kita dalam batas yang sudah ditentukan, dan juga harus mengerjakan kewajiban kita sesuai aturan yang ada. Dan didalam kelas setiap orang harus menghargai hak masing-masing orang, agar selalu ada rasa yang menghargai satu sama lain.

Dilihat dari ketetapan hati, semua peserta didik maupun pendidik sama –sama harus memiliki ketetapan hati yang kuat dalam mengikuti suasana beljar dikelas. Karena dengan ketetapan hati yang kuat segala sesuatunya akan berjalan dengan lebih baik tanpa ada paksaan dan apa yang diharapkan dapat sesuai denagn rencana.

Dan dilihat dari minat, keinginan belajar yang kuat itu pada dasarnya berawal dari minat. Ketika sesorang memang memiliki minat yang kuat untuk mengikuti suatu pelajaran maka senantiasa kehadirannya dikelas akan menambah semangat ia untuk mengikuti pelajaran itu. Minat ini seharusnya dapat permanen mentap dalam hati nurani manusia, agar ia tidak akan mudah goyah dan selalu antusias mengikuti pelajaran tersebut.

Namun ternyata dari dua masalah ketetapan hati dan minat tersebut ada dua hal penting yang harus di perhatikan bagi peserta didik khususnya orang dewasa:

1. Disiplin, walaupun ia memilki ketetapan hati dan minat yang tinggi terhadap pelajaran tersebut namun ia tidak memiliki disiplin waktu yang baik, maka semua itu akan sia-sia. Ia tidak akan mudah begitu saja dapat mengikuti pelajaran itu karena terhalang oleh kedisiplinan waktu yang dimiliki.

2. Komunikasi, komunikasi dikelas itu sangat penting. Khususnya bagi orang dewasa yang di asumsikan sudah mampu berkomunikasi dengan baik, ia harusnya dapat lebih mudah mengeluarkan suara, pendapat, dan haknya sebagai peserta didik agar semua tidak terjadi kesalahpahaman dan kekeliruan dalam menjalankan aktifitas belajar-mengajar dikelas.

Your Reply

Wise Words

Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school - Albert Einstein

Do you want sharing with me..

let's coment my blog.. hehehehe ^^

About Author

Thank you for your attention..

Pages