Sinopsis Novel : NOVEL NEGERI 5 MENARA ; tugas individu 3


.






Apa yang akan kamu lakukan jika keinginan kamu untuk meraih cita-cita ditentang orang tua ??
Apa yang kamu rasakan ketika menjalani kehidupan yang tidak sesuai dengan keinginanmu ??
Dan mana yang akan kamu pilih antara keinginan diri sendiri atau pilihan orang tua ??

Novel ini akan menjawab apabila menjalani pilihan orang tua dengan ikhlas dan sepenuh hati maka semua akan berakhir indah dan kebahagian untuk kita.

Novel ini bercerita tentang perjalanan seorang anak bernama Alif. Alif adalah anak desa yang ditinggal di Bayur , kampung kecil di dekat Danau Maninjau Padang, Sumatera Barat. Alif dari kecil sudah bercita-cita ingin menjadi B.J Habibie, maka dari itu selepas tamat SMP Alif sudah berencana melanjutkan sekolah Ke SMU negeri diPadang yang akan memuluskan langkahnya untuk kuliah dijurusan yang sesuai. Namun amaknya (ibunya alif) tidak setuju dengan keinginan alif untuk masuk SMU, ibunya ingin alif menjadi Buya Hamka dan melanjutkan sekolah ke pondok pesantren.
Karena alif tidak ingin mengecewakan harapan orang tua khususnya ibu, alif pun menjalankan keinginan ibunya dan masuk pondok. Atas saran dari pamannya dikairo alif kecil pun memutuskan untuk melanjutkan sekolah di pondok yang ada di Jawa Timur : PONDOK MADANI. Walaupun awalnya amak berat dengan keputusan Alif yang memilih pondok di Jawa bukan yang ada di dekat rumah mereka dengan pertimbangan Alif belum pernah menginjak tanah diluar ranah minang , namun akhirnya ibunya merestui keinginan Alif itu.
Awalnya Alif setengah hati menjalani pendidikan dipondok karena dia harus merelakan cita-citanya yang ingin kuliah di ITB dan menjadi seperti Habibie. Namun kaliamat bahasa Arab yang didengar Alif dihari pertama di PM (pondok madani )mampu mengubah pandangan alif tentang melanjutkan pendidikan di Pesantren sama baiknya dengan sekolah umum. " mantera" sakti yang diberikan kiai Rais (pimpinan pondok ) man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. Dan Alif pun mulai menjalani hari-hari dipondok dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.
Di PM Alif berteman dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung dan si jenius Baso dari Gowa, Sulawesi. Ternyata kehidupan di PM tidak semudah dan sesantai menjalani sekolah biasa. Hari-hari Alif dipenuhi kegiatan hapalan Al-Qur'an, belajar siang-malam, harus belajar berbicara bahasa Arab dan Inggris di 6 Bulan pertama. Karena PM melarang keras murid-muridnya berbahasa Indonesia, PM mewajibkan semua murid berbahasa Arab dan Inggris. Belum lagi peraturan ketat yang diterapkan PM pada murid yang apabila melakukan sedikit saja kesalahan dan tidak taat peraturan yang berakhir pada hukuman yang tidak dapat dibayangkan sebelumnya. Tahun-tahun pertama Alif dan ke 5 temannya begitu berat karena harus menyesuaikan diri dengan peraturan di PM.
Hal yang paling berat dijalani di PM adalah pada saat ujian, semua murid belajar 24 jam nonstop dan hanya beberapa menit tidur. Mereka benar-benar harus mempersiapkan mental dan fisik yang prima demi menjalani ujian lisan dan tulisan yang biasanya berjalan selama 15 hari. Namun disela rutinitas di PM yang super padat dan ketat. Alif dan ke 5 selalu menyempatkan diri untuk berkumpul dibawah menara mesjid , sambil menatap awan dan memikirkan cita-cita mereka kedepan. Ditahun kedua dan seterusnya kehidupan Alif dan rekan-rekannya lebih berwarna dan penuh pengalaman menarik. Di PM semua teman, guru, satpam, bahkan kakak kelas adalah keluarga yang harus saling tolong menolong dan membantu. Semua terasa begitu kompak dan bersahabat, sampai pada suatu hari yang tak terduga, Baso , teman alif yang paling pintar dan paling rajin memutuskan keluar dari PM karena permasalahan ekonomi dan keluarga.
Kepergian Baso, membangkitkan semangat Alif, Atang, Dulmajid, Raja dan Said untuk menamatkan PM dan menjadi orang sukses yang mampu mewujudkan cita-cita mereka menginjakkan kaki di benua Eropa dan Amerika.
Novel ini benar-benar memberikan inspirasi bagi siapa saja yang ingin sukses dan berhasil, bahwa dimana ada usaha disitu ada jalan. Dan ikhlaslah dalam menjalani apapun yang ada dikehidupan kita, niscaya usaha dan keikhlasan hati akan diridhoi Tuhan Yang Maha Esa. Buku ini juga mengajarkan saya untuk : jangan pernah meremehkan impian, walau setinggi apapun. Tuhan sungguh Maha Mendengar.
Inilah sedikit sinopsis dari saya tentang Novel Negeri 5 Menara, semoga dapat menjadi pertimbangan anda untuk membaca dan merasakan aura semangat pantang menyerah setelah membaca Novel ini.

Medan, 8 Maret 2010
Qisty Anindiati S
091301019



Atas kritik dan Saran anda atas sinopsis saya tentang Novel ini harap beri komentar dibawah..

42 Responses to “Sinopsis Novel : NOVEL NEGERI 5 MENARA ; tugas individu 3”

  1. membaca sinopsis ini membuat aku jadi semangat belajar !!

  2. udah baca buku ini 3 kali..
    bener" buku yg bkin semangat..^^

  3. belum baca buku ini..
    pinjemin donk....
    bagus banget untuk meningkatkan motivasi untuk mencapai cita-cita..

  4. Anonim says:

    Bagus qis..
    Jadi pengen baca..
    Pinjem dong..

  5. keren..
    pengen baca juga..

    pinjem ya Qisty...

  6. Qisty....
    bagus....

    Jadi nambah semangat....

  7. waduchhh
    cukup berat juga y perjuanagannya
    ntar biz mid pinjam ya

    hheheehehe

  8. Mantap ne
    critay"

    tp tnggung x nulis snopsisy.
    Tmba lg la...

    Oww
    klo
    ga
    tar q jmpt bkuy ke rmh km ya..
    Ok

  9. ....semangat ya Qisty....
    usaha yang bagus.
    saya belum sempet baca bukunya...:)

    selamat ya:)

  10. qisty...
    bca dari reviewnya, bkunya enak tuch...
    mudah2an kita bisa belajar dari novel ni yach....

  11. qisty... rani dah pernah baca bukunya , tapi dikit..
    bagus juga kok bukunya bisa membangkitkan semangat

  12. bukunyaa baguss loo .
    mimii uda bca .
    heheeh ^^

    agak promosi dikiiitt .
    hahahaha :)))

  13. aku percaya, semua indah pada waktunya...
    kalau kita ikhlas menjalani sesuatu, pasti Allah akan memberikan anugerahnya kepada kita.

    jadi pengen baca novelnya tuh...

  14. 09-089vy says:

    manjadda wajada

    trinspirasi la baca nii...

    tpi akhir ceritanya dia sukses ga?

  15. Anonim says:

    yulia: ak jg prcya smuanya indah pda waktunya,, allah psti dah ngrencanain yg terbaik buat stiap hambanya

  16. 09-004pcp says:

    makasi qisti review bukunya...
    semuanya pasti bisa di dapat,dengan usaha dan kerja keras....

  17. Qisti.....
    ne kan buku kesukaan aku!!
    Harusnya minta izin ke aku dulu lh, hehe...

    Aku ju ga akan mewujudkan mimpi2 ku sprti mrk,pantg menyerah.
    Semangat!!!

  18. aku belum baca bukunya..
    jadi pengen tau..
    pinjem Qisty,,,
    hehe

  19. wah kayaknya seru nih!!!!

    boleh pinjem nggak??? hehehe...

  20. nice book..

    klo bleh tw blinya dmn ya??

    hahaha ^^

  21. buku ny bguss.,
    aku minjam buku nya dah antrian kberapa kis???

  22. jadi pengen baca...

  23. o iy qis, crita ny nti dy k luar negeri y?
    jd pgen dpt beasiswa k luar negeri
    ;(

  24. wah,,nilai b.indo nya paxti A???
    iy kan,haha

  25. aku belum baca
    bleh pinjam gak
    aq jadi penasaran sama ceritanya

  26. pinjam novelnya qiisstt!!!!

  27. diva hudi says:

    novel yg bgoooosssss.....
    n dpat mmbangkitkan smangat qta tuk menggapai cita2....


    hhhahahay

  28. ^.^ says:

    pinjem dunk....
    penasaran benerrr...

  29. Bukunya sangat inspiratif ya,,
    Q setuju bgt..there's will, there's a way !!!
    ^^

  30. nu siy bru dgr dr tmen2 ja 2h crta'y .. .

    tp,
    mw d Film'kan ya' Qis ?..


    klo gt,
    nu nnton film'y ja dh !! !

    ta' enteni yo :D

  31. yey , byk x kelen yg bikin review buku ya .
    hha , bagus . aku jadi pgn baca
    tapi aku gasuka baca :P

  32. wahh.. sebelumnya ga pernah denger tentang buku ini... tapi dari review kamu menarik bener.... bagus qis.... =D

  33. keliatannya menarik ne ^^

  34. bagusss ya bukunya:)

  35. novel nya seruuu yah...

  36. qisty..
    ntar pnjam novelnya yaaa
    mantablah ceritanya....^_^

  37. mantap .
    ntar pnjam noveL'a eaa .

    yar Lbh smngad aq mnjsLani idup niie .
    hahah .

  38. Maidy says:

    Merinding euyyy...baca sinopsis'a...
    Jadi, pengen cepet2 ikutan casting utk film Novel nEgeri 5 menaRa...
    Tapi, um baca novel'a...
    padahal mw pendalaman karakter dlu..

    Bs mnt tlong bahas karakter ustadz muda ma santri-santri senior gx? utk referensi..
    thx b4*

  39. Nisa says:

    bener-bener bacaan berkualitas,
    mari kita Man Jadda Wa Jadda'kan cita2 masing:)

Your Reply

Wise Words

Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school - Albert Einstein

Do you want sharing with me..

let's coment my blog.. hehehehe ^^

About Author

Thank you for your attention..