Tugas Individu :RESUME JURNAL


.


Resume Jurnal

JUDUL         :  PEMROSESAN INFORMASI DALAM BELAJAR GERAK

PENULIS     : SLAMET RIYADI

PENERBIT    : JPOK FKIP UNS

 LINK JURNAL    :  PEMROSESAN INFORMASI DALAM BELAJAR GERAK 


Abstrak 

 Belajar gerak adalah belajar yang diwujudkan melalui respon-respon muscular yang diekspresikan dalam gerakan tubuh atau bagian tubuh, yang merupakan sarana untuk mencapai tujuan belajar.Perubahan keterampilan gerak dalam belajar gerak merupakan indikasi terjadinya proses belajar gerak yang dilakukan oleh peserta didik. Proses penguasaan keterampilan gerak, tidak terlepas dari penguasaan informasi yang diterima selama proses pembelajaran oleh peserta didik.
 Informasi yang diterima selama pembelajaran gerak akan disimpan dalam sistem penyimpanan informasi, yang terdiri dari memori sensori (sensory memory), memori jangka pendek (short term memory), dan memori jangka panjang (long term memory). Pemrosesan informasi dalam pembelajaran gerak memegang peranan penting, karena melalui pemrosesan informasi inilah peserta didik mampu memberikan umpan balik sebagai wujud respon dari informasi yang diterima selama pembelajaran.

PENDAHULUAN 
Schmidt (1989) menegaskan bahwa belajar gerak merupakan suatu rangkaian asosiasi latihan atau pengalaman yang dapat mengubah kemampuan gerak ke arah kinerja keterampilan gerak tertentu.
 Output dari pemrosesan informasi menghasilkan gerakan, sebagai salah satu bentuk umpan balik sensori dari proses belajar gerak. Agar peserta didik memiliki keterampilan dan kemampuan dalam merespon dan mengantisipasi setiap gerakan dalam pembelajaran gerak, maka pengetahuan mengenai pemrosesan informasi dalam belajar gerak perlu dipahami dengan benar. Pengajar harus mampu memberikan latihan dan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menguasai dan memiliki keterampilan dalam mengantisipasi gerakan yang mungkin terjadi selama pembelajaran gerak. Bagaimana pemrosesan informasi dalam belajar gerak terjadi, bagaimana informasi di proses dan disimpan dalam memori akan dikaji dalam makalah ini dengan harapan hal ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi pengajar

TAHAPAN BELAJAR GERAK
          Tahapan dalam pembelajaran gerak kaitannya dengan pemrosesan informasi, dapat diuraikan sebagai berikut:
       1. .  Tahap formasi rencana
A.   Tahap menerima dan memproses masukan
B.     Proses kontrol dan keputusan
C.     Unjuk kerja keterampilan.
       2.    Tahap Latihan
       3.   Tahap Otomatisasi
                
                  INFORMASI 

              Individu memilih informasi secara langsung melalui sistem indera mereka, sehingga mereka menjadi lebih mahir dalam menerima dan merespons informasi yang datang. Prinsip-prinsip model pemrosesan informasi, pada dasarnya hampir sama dengan prinsip dalam teori stimulus dan respon. Teori proses pengolahan informasi berkaitan erat dengan tahapan saat seseorang menerima masukan dan memproses informasi menjadi rencana gerak dalam memorinya. Kemudian, proses adaptasi tampak pada mekanisme dari perencanaan gerak menjadi suatu unjukkerja keterampilan gerak seseorang.


     Adapun Tahap-tahap pemrosesan informasi adalah sebagai berikut :
1     1.  Identifikasi stimulus sebagai persepsi
       2.   Seleksi respons sebagai keputusan
3     3.  Pemrograman respon sebagai aksi

MEMORI 

       Memori atau ingatan adalah kemampuan untuk menyimpan, mempertahankan, dan mengingat kembali informasi dan pengalaman yang telah terjadi pada masa lalu.
 Tiga tahapan utama pembentukan dan pengambilan memori dalam proses pengolahan informasi tersebut, adalah:
1. Encoding atau pendaftaran (menerima, pengolahan dan menggabungkan informasi yang diterima)
2. Penyimpanan (penciptaan catatan permanen dari informasi yang dikodekan,
3. Retrieval , mengingat atau ingatan (memanggil kembali informasi yang disimpan dalam menanggapi beberapa isyarat untuk digunakan dalam proses atau kegiatan)



Pemrosesan Informasi dalam Belajar Gerak
1    1.  Masukan (input)
Dalam penguasaan keterampilan, masukan ini merupakan tahap bagaimana seseorang mempertimbangkan informasi yang masuk atau dirasakan dari luar untuk kemudian menginterprestasikan penting atau tidaknya respon tersebut. Misalnya, dalam permainan tenis lapangan yaitu pada saat pemain akan mengantisipasi datangnya bola dari pukulan lawan, apakah bola akan dikembalikan dengan pukulan spin atau drop shot pada saat pemain melakukan persepsi datangnya bola.
2     2.  Pengambilan keputusan (Decision Making)
Pengambilan Keputusan merupakan tahapan dimana didalamnya telah terjadi pemrosesan, yaitu: mengenali informasi yang diperoleh, pemrosesan dalam memori, dan mempersepsi masukan untuk menghasilkan suatu keluaran (output) yang dinginkan.
3     3.   Keluaran (Output)
Output keterampilan ini nantinya dapat dijadikan dasar atau ukuran dalam pengambilan keputusan, apakah keterampilan yang dilakukan perlu adanya perbaikan atau dilanjutkan pada tingkat keterampilan yang lain

PENUTUP 

        Proses penguasaan keterampilan gerak, tidak terlepas dari penguasaan dan pemrosesan informasi yang diterima selama proses pembelajaran oleh peserta didik. Informasi yang diterima selama pembelajaran gerak akan disimpan dalam sistem penyimpanan informasi, yang terdiri dari memori sensori (sensory memory), memori jangka pendek (short term memory), dan memori jangka panjang (long term memory). Untuk menghasilkan sebuah umpan balik atau respon dari sebuah
Pemrosesan Informasi Dalam Belajar Gerak stimulus (informasi) yang hadir dalam proses belajar gerak, diperlukan beberapa tahap pemrosesan informasi yang meliputi identifikasi stimulus, seleksi respon dan pemrograman respon sebagai aksi.

One Response to “Tugas Individu :RESUME JURNAL”

  1. Unknown says:

    boleh tau alamat jurnalnya dikutip dari mana

Your Reply

Wise Words

Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school - Albert Einstein

Do you want sharing with me..

let's coment my blog.. hehehehe ^^

About Author

Thank you for your attention..

Pages