Tugas Individu : Membuat Kreativitas Melalui Stimulus yang Diberikan


.



Stimulus yang diberikan:
1.      Satu buah sertifikat
2.      satu buah kertas HVS
3.      Satu buah kertas segiempat memanjang

Produk yang dihasilkan adalah selembaran brosur dan secetak gambar yang tentang peran listrik dalam kehidupan kita dan bagaimana pentingnya listrik dalam kehidupan kita sehari-hari.
Dilembaran kertas HVS berisi tentang brosur pengenalan kegunaan listrik dan pentingnya listrik dikehidupan kita sehari-hari. 



 Sedangkan dilembar kertas segi empat memanjang terdapat gambaran tentang dampak   penggunaan listrik yang berlebihan.



Tujuan dari produk ini adalah, menyampaikan kepada masyarakat agar lebih hemat dalam menggunakan listrik dan tidak menggunakannya secara boros karena dampak penggunaan listrik yang berlebihan menyebabkan efek yang panjang dan berbahaya .

Uraian Dengan Teori B.F Skinner
Berdasarkan teori Skinner mengenai tentang Reinforcement  (penguat). ada 3 jenis klasifikasi penguatan : yaitu
1.      penguat primer, penguat yang dalam kondisi tepat dapat meningkatkan frekuensi perilaku tanpa pelatihan,  penguat sekunder, dikondisikan akan mendapat kekuatan peguatan melalui asosiasi dengan kejadian yang telah berfungsi sebagai penguat.
2.      penguat umum, penguat yang berfungsi dalam berbagai macam situasi.
3.      penguatan positif dan negative, cara konsekuensi penguatan berfungsi.

Dilihat dari jenisnya, maka penguaan yang diberikan untuk stimulus ini adalah penguatan umum dan penguatan positive. dalam hal ini stimulus yang diberikan dapat diberi pada berbagai macam situasi dan kondisi tergantung ingin memperkuat perilaku yang bagaimana. dan situasi yang ada tersebut termasuk lingkungan yang dimanipulasi fisik yang sukses, dan menghasilkan perilaku ataupun respon yang diharapkan. dalam hal ini stimulus diberi untuk menghasilkan respon yang diinginkan (kreatif, inovatif, dan produktif).
Sementara pada penguatan positifnya maka stimulus yang diberikan mungkin awalnya terasa menyulitkan, namun lama kelamaan mulai terlihat menyenangkan mana kala setiap individu melihat hasil dari respon yang terjadi.  awalnya mungkin peserta bingung dengan stimulus yang diberi dan tidak tahu akan berbuat apa, namun lama-kelamaan akan terjadi proses belajar dimana individu mulai berfikir kreatif dan cepat dalam menghasilkan produk yang diinginkan.
Sebagian besar manfaat dari stimulus yang diberikan tadi menghasilkan efek yang baik bagi peserta dan memperkuat prilaku positif yang diharapkan akan tetap muncul kapanpun dan dimanapun.


One Response to “Tugas Individu : Membuat Kreativitas Melalui Stimulus yang Diberikan ”

  1. Qisty..idenya bagus.. sayangnya kamu kurang mempertimbangkan estetika posting...
    jadi ide bagusnya gak kelihatan :(

Your Reply

Wise Words

Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school - Albert Einstein

Do you want sharing with me..

let's coment my blog.. hehehehe ^^

About Author

Thank you for your attention..

Pages