Stimulus
yang diberikan:
1. Satu
buah sertifikat
2. satu
buah kertas HVS
3. Satu
buah kertas segiempat memanjang
Produk yang dihasilkan adalah selembaran
brosur dan secetak gambar yang tentang peran listrik dalam kehidupan kita dan
bagaimana pentingnya listrik dalam kehidupan kita sehari-hari.
Dilembaran kertas HVS berisi tentang
brosur pengenalan kegunaan listrik dan pentingnya listrik dikehidupan kita
sehari-hari.
Sedangkan dilembar kertas segi empat memanjang terdapat gambaran tentang dampak penggunaan listrik yang berlebihan.
Tujuan dari produk ini adalah,
menyampaikan kepada masyarakat agar lebih hemat dalam menggunakan listrik dan
tidak menggunakannya secara boros karena dampak penggunaan listrik yang
berlebihan menyebabkan efek yang panjang dan berbahaya .
Uraian
Dengan Teori B.F Skinner
Berdasarkan teori Skinner mengenai
tentang Reinforcement (penguat). ada 3
jenis klasifikasi penguatan : yaitu
1. penguat
primer, penguat yang dalam kondisi tepat dapat meningkatkan frekuensi perilaku
tanpa pelatihan, penguat sekunder,
dikondisikan akan mendapat kekuatan peguatan melalui asosiasi dengan kejadian
yang telah berfungsi sebagai penguat.
2. penguat
umum, penguat yang berfungsi dalam berbagai macam situasi.
3. penguatan
positif dan negative, cara konsekuensi penguatan berfungsi.
Dilihat dari jenisnya, maka penguaan
yang diberikan untuk stimulus ini adalah penguatan umum dan penguatan positive.
dalam hal ini stimulus yang diberikan dapat diberi pada berbagai macam situasi
dan kondisi tergantung ingin memperkuat perilaku yang bagaimana. dan situasi
yang ada tersebut termasuk lingkungan yang dimanipulasi fisik yang sukses, dan
menghasilkan perilaku ataupun respon yang diharapkan. dalam hal ini stimulus
diberi untuk menghasilkan respon yang diinginkan (kreatif, inovatif, dan
produktif).
Sementara pada penguatan positifnya maka
stimulus yang diberikan mungkin awalnya terasa menyulitkan, namun lama kelamaan
mulai terlihat menyenangkan mana kala setiap individu melihat hasil dari respon
yang terjadi. awalnya mungkin peserta
bingung dengan stimulus yang diberi dan tidak tahu akan berbuat apa, namun
lama-kelamaan akan terjadi proses belajar dimana individu mulai berfikir
kreatif dan cepat dalam menghasilkan produk yang diinginkan.
Sebagian besar manfaat dari stimulus
yang diberikan tadi menghasilkan efek yang baik bagi peserta dan memperkuat
prilaku positif yang diharapkan akan tetap muncul kapanpun dan dimanapun.
Qisty..idenya bagus.. sayangnya kamu kurang mempertimbangkan estetika posting...
jadi ide bagusnya gak kelihatan :(