Nama
Observer : Qisty
Anindiati Sitepu
Nim Observer :
091301019
Kelas
: X-TKJ 4 Reguler
Mata
Pelajaran : Biologi
Nama
Guru : IDA ZURAIDA
Waktu
Mengobservasi : 11.45 Wib –
12.15 Wib
Durasi
Observasi : 30 Menit
Jumlah
Siswa/siswi : 24 Orang
Media
Pembelajaran
yang
digunakan Guru : Laptop, TV LCD, White Board,
Spidol
Media
Pembelajaran
yang
digunakan Murid : Buku bacaan,
Laptop dan Alat Tulis
Situasi
Fisik Kelas
1. Ukuran
kelas : 9x8
2. Tata
Letak kelas : Menghadap KeUtara, meja gur berada didepan dan terdapat 2 kursi
3. Benda-benda dalam
kelas : AC (2 buah), Kipas Angin,
Lemari, Whiteboard, Kursi bermeja (24 buah), Jam dinding , dan Arus listrik.
4. Alat
Observasi : Kertas, Pulpen, dan
Camera
a.
Observasi
Berdasarkan 9 (Sembilan) Tahapan Belajar
Teori Robert Gagne
Tahapan
|
Keadaan
Kelas
|
Penjelasan
|
1. Memerhatikan
|
Ya
|
Murid
mendengarkan dengan seksama materi pembelajaran yang berikan oleh guru secara
ceramah menggunakan media pembelajaran yang digunakan
|
2.
Harapan
|
Ya
|
Murid menerima informasi yang
disampaikan oleh guru dengan baik dan beberapa mencatat hal-hal penting yang
diperlajari.
|
3. Pengambilan
Kembali Untuk dibawa Keingatan Kerja
|
Ya
|
Murid sudah mampu membedakan hal-hal yang
sebelumnya mereka kira sama namun ternyata berbeda melalui informasi yang
disampaikan guru (Diskriminasi)
|
4.
Persepsi selektif terhadap ciri Stimulus
|
YA
|
Murid bisa menerima materi yang disampaikan
guru dan ketika mereka ditanyakan kembali sebagian murid mampu menjawab
pertanyaan dari guru dan mengingatnya.
|
5.
Pengkodean semantik
|
YA
|
Materi yang sebelumnya pernah diajarkan guru
mampu diingat murid dengan baik bahkan ketika guru menanyakan kembali materi
tersebut kepada mereka
|
6.Pengambilan
Kembali dan Respons
|
Ya
|
Beberapa murid cukup banyak yang
mengacungkan tangan untuk menjawab ketika guru menanyakan sesuatu pada
mereka.
|
7.
Penguatan
|
Tidak
|
Terkadang murid yang berada di kursi
belakang tidak terlalu focus pada pelajaran mereka dan sesekali terlihat
mengobrol dengan temannya yang lain. bahkan ada yang menggunakan ponsel
dikelas.
|
8.
Pengambilan Petunjuk
|
Ya
|
Murid tidak segan-segan bertanya
kepada guru apa yang mereka tidak ketahui dan guru senantiasa menjawab dengan
baik pertanyaan murid
|
9.Kemampuan
generalisasi
|
Ya
|
Melalui media pembelajaran seperti
Laptop dan LCD guru menampilakan gambar-gambar dan penjelasan mengenai suatu
hal sehingga murid mampu membedakannya.
|
( dikutip dari table 5.3 Ringkasan Sembilan
Tahapan belajar hal 186)
a. B.
Uraian
Observasi Berdasarkan Keterampilan Intelektual Teori Gagne
No
|
Tipe
Kapabilitas
|
Penjelasan
Obsevasi
|
1.
|
Belajar
Diskriminasi
|
Menggunakan
media pembelajaran yang tersedia guru menjelaskan dan menguraikan apa-apa
saja hal-hal yang perlu diketahui oleh siswa sehingga siswa mampu membedakan
dan mendikriminasi objek-objek tertentu secara lebih nyata
|
2.
|
Belajar
Konsep/konsep konkret
|
Walaupun
siswa tidak diberi contoh secara langsung mengenai bentuk suatu objek, namun
berdasarkan penjelasan dan gambar-gambar yang ditampilkan di layar tv LCD dan
digambar guru di whiteboard menjadikan murid cukup bisa mengerti dan
mengetahui objek seperti apa yang seharusnya.
|
3.
|
Konsep
yang Didefenisikan
|
Ketika
guru menjelaskan tentang apa itu kanker pada murid, guru hanya menjelaskan
apa itu kanker, penyebab kanker dan pencegahannya, tanpa ada contoh langsung
bagaimana bentuk suatu kanker. dll.
|
4.
|
Belajar
Aturan
|
Murid
aktif bertanya kepada guru mengenai hal yang kurang dipahami dan
mengkonfirmasi suatu hal. walaupun kadang keaktifan murid luar biasa (rebut)
namun seperti guru tidak terlalu perduli akan keributan yang terjadi asalkan
murid mengerti apa yang disampaikan dan memahami maksud dari materi tersebut.
|
5.
|
Belajar
Kaidah yang Lebih Tinggi (pemecahan
masalah)
|
Selain
murid yang bertanya tidak jarang guru juga bertanya pada murid akan materi
yang disampaikan dan memastikan murid paham.
dan murid juga mampu menjawab pertanyaan guru dengan baik walaupun
terkadang diiringi dengan humor.
|
(Dikutip
dari table 5.4. Ringkasan keterampilan intelektual dari yang sederhana ke yang
kompleks hal 189 )
Kesimpulan Dari Observasi (Testimoni)
Seperti halnya yang telah disampaikan oleh Gagne
dalam mendekripsikan sifat unik dari kegiatan belajar . maka dari hasil
observasi yang telah dijalani didapat bahwa. setiap individu itu berbeda-beda dalam
cara belajar dan bagaimana mereka mengerti akan suatu hal. sifat unik individu
ketika belajar menjelaskan bahwa sebenarnya semua orang bisa belajar dengan
cara mereka sendiri sampai benar-benar mereka memahami sendiri proses belajar
yang mereka lakukan.
Terlepas dari kekurangan yang ada,
SMK TRITECH INFORMATIKA menawakan konsep belajar yang berbeda dari sekolah pada
umumnya dengan menyajikan apa yang sekolah kebanyakan belum menggunakannya.
kita mengetahui bahwa di era globalisasi seperti ini, teknologi bukan lagi
barang baru dan internet juga sudah tidak terlepas dari dunia pendidikan. untuk
itu sekolah ini mencoba menyajikan konsep E-learning Web centric course dimana
mencoba menyatukan metode balajar-mengajar secara langsung dan metode
e-learning.
Sekolah ini sebenarnya sudah
berusaha menghadirkan konsep belajar e-learning yang baik hanya saja terdapat
beberapa kekurang yaitu sebagai berikut :
1. Gedung
sekolah yang belum sempurna (masih tahap pembangunan)
2. Kebanyakan
guru-guru yang ada terlihat terlalu muda
terlihat dari bagaimana kurang berpengalaman dalam mengajar dan tidak bisa
mengontrol murid, lain dengan guru-guru senior yang terlihat bahwa murid-murid
menghormatinya.
3. beberapa
fasilitas seperti AC dan lemari tidak berjalan sesuai fungsinya.
Berdasarkan kekurangan yang ada, diharapkan sekolah
lebih meningkatkan lagi kualitas dari pendidikan e-learning yang masih baru di
dunia pendidikan saat ini. dan lebih mengoptimalkan SDM pengajar atau pendidik
yang berpengalaman sehingga menghasilkan murid-murid dengan kualitas baik dan performa
yang menjanjikan untuk dunia kerja .
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OBSERVASI:
Kelebihan
1. Sekolahnya
masih baru sehingga lebih mudah diobsevasi dan guru-gurunya welcome atas
kedatangan kami
2. Murid-murid
juga menerima kami dengan baik dan sopan menyapa kami.
3. Karena
ini sekolah yang mengusung e-learning pertama kali yang saya ketahui sehingga
ini merupakan pengalaman baru bagi saya
dan mungkin semua teman-teman.
4. Ketika
mengobsevasi terlihat murid tidak ada yang terganggu dengan keberadaan kami dan
mereka tidak terlihat berpura-pura
(faking)
Kekurangan
1. Sekolahnya
terlalu jauh dari kampus, sehingga memakan waktu lebih dari 2 jam
pulang-pergi dari USU ke Krakatau
2. Jalanan
macet, ada demo buruh ketika perjalanan pulang
3. Sekolahnya
masih tahap pembangunan sehingga cukup membahayakan untuk beberapa kontruksi
bangunan yang belum selesai, dan sekolah terkesan tidak rapi
4. Hanya
beberapa kelas yang pendingin ruangannya hidup sebagian lagi mati, sehingga
agak panas dan gerah padahal jendela dan fentilasi udara diruang kelas kurang.
5. Durasi
observasi cukup singkat, dan diawal pembagian kelas sempat sedikit terjadi
keributan mengenai ruangan yang akan diobservasi.