Archive for November 2012

TUGAS INDIVIDU: Teori Bandura, Piaget dan Gagne


.


SOAL 
 
      Mengapa mahasiswa psikologi USU yang mengambil mata kuliah psikologi belajar TA 2012/2013 semester ganjil sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan observasi di lapangan
 Kaitan dengan tidak memberikan respon jawaban berkaitan dengan tugas obervasi dengan teori Bandura, Piaget dan Gagne:

Jawaban 
 
1.       Teori Kognitif-Sosial Albert Bandura
Teori kognitif-sosial bandura terdiri dari 3 asumsi dasar yaitu :
1.      proses belajar membutuhkan pemprosesan kognitif dan keterampilan pengambilan keputusan dari si pemelajar
2.      belajar adalah tiga cara relasi yang saling terkait yang terdiri dari lingkungan, faktor personal dan perilaku
3.      belajar membuahkan akuisisi kode verbal dan visual dari perilaku yang mungkin akan dilakukan atau tidak dilakukan dimasa depan.
Terkait dengan respon yang terjadi dalam memberikan jawaban  mengenai tugas observasi dengan teori bandura, dalam hal ini para mahasiswa /mahasiswi yang mengikuti kelas belajar belum dapat memaksimalkan penggunaan kognitif dan konseptual untuk mengambil keputusan terhadap masalah yang sedang dibicarakan. Keterampilan yang dimilki belum dikeluarkan secara maksimal dan masih membutuhkan lebih banyak lagi kemampuan membuat keputusan dari suatu masalah.
Belajar terkait dengan lingkungan dan prilaku seseorang, dalam hal ini para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi belajar ketika mereka belum memberikan respon terhadap permasalahan  berkaitan dengan lingkungan (dalam hal ini, para mahasiswa)banyak yang belum memberikan komentar sehingga juga membuat mahasiswa lain tidak memberikan komentar, disini berkaitan dengan proses modeling dan imitasi antar mahasiswa. dan perilaku yang dihasilkan membuat para mahasiswa tidak berkomentar atas permasalahan yang ada.

2.      Teori Perkembangan Kognitif Piaget
Dalam teori perkembangan kognitif piaget  terdapat 4 tahap proses kognitif manusia :
1.      Periode sensori motor (kelahiran- 1 tahun) dimana kecerdasan prasimbolik dan preverbal berkaitan dengan perkembangan pola tindakan. inferensi dimulai ketika bayi mengembangkan relasi antar tindakan
2.      Periode praoperasional (2-3 hingga 7-8 tahun), permulaan sebagian pemikiran logis
3.      Periode operasional konkret (7-8 hingga 12-14 tahun), berkembangnya cara berfikir logis berhubungan dengan objek konkret
4.      Periode operasional formal ( diatas 14 tahun) kapabilitas untuk secara logis menangani situasi multifaktor mulai muncul. penalaran bergerak dari situasi hipotesis ke konkret
Terkait dengan perkembangan kognitif Piaget dapat dilihat bahwa para mahasiswa/I yang mengikuti mata kuliah psikologi belajar mengalami hambatan dan belum mampu berfikir dan membuat keputusan atas permasalahan yang ada, mereka belum memaksimalkan kemampuan berfikir mereka untuk mengambil sebuah keputusan dan menyelesaikan permasalahan.  karena keterbatasan dalam memberi komentar dan membuat keputusan maka para mahasiswa juga belum dapat memberi kesimpulan dari apa yang mereka telah putuskan. Seharusnya para mahasiswa sudah sampai pada tahap operasional formal dimana individu sudah mampu mendeduksi berbagai kemungkinan dan secara sistematis mengesampingkannya.  namun nyatanya mereka belum semaksimal mungkin penggunaan proses berpirkir tersebut.
3.      Teori Belajar Robert Gagne
Elemen penting dalam analisis Gagne adalah kaitan belajar dengan perkembangan, kompleksitas belajar pada manusia, dan masalah khusus dengan pandangan-pandangan sebelumnya.  hasil belajar kognitif yang dikembangkan Gagne adalah kapabilitas kognitif, varian itu adalah informasi verbal, keterampilan intelektual dan strategi kognitif. masing-masing kategori merepresentasikan kelompok kinerja unjuk tindak tersendiri yang dipelajari dan diaplikasikan ke beragam aktivitas dan konteks.

Dalam hal ini kaitan antara teori dengan proses belajar yang terjadi yaitu, seharusnya hasil belajar yang didapat individu adalah mampu meningkatkan kapabilitas kognitif, informasi verbal, keterampilan intelektual dan strategi kognitif. hasil belajar yang didapat sebahagian besar berisi tentang cara individu menerima informasi dan berpikir kognitif untuk memberikan solusi atas suatu permasalahan yang ada dan mengambil keputusan yang terbaik agar dapar menyelesaikan problem yang ada.
Pada teori Gagne juga dikembangkan hierarki belajar yang artinya setiap keterampilan atau apabilitas adalah penting untuk mempelajari keterampilan yang lebih tinggi di urutan selanjutnya. sehingga para mahasiswa seharusnya memiliki keterampilan tinggi dalam memberikan solusi terbaik yang bisa dihasilkan terhadap penyelesaian masalah yang ada.  




Wise Words

Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school - Albert Einstein

Do you want sharing with me..

let's coment my blog.. hehehehe ^^

About Author

Thank you for your attention..

Pages