Archive for Februari 2010

Proposal Proyek Kelompok


.

Untuk melihat proposal kami dapat klik disini

MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SECARA EFEKTIF DI DUNIA PENDIDIKAN : tugas 2


.

A. Dunia E-learning

E-learning adalah suatu metode pembelajaran yang mengunakan sistem teknologi sebagi media pembelajarannya. E-learning merupakan metode pembelajaran baru yang saat ini digunakan oleh hampir setiap negara untuk dunia pendidikan. Bagi Indonesia sendiri merupakan metode pembelajaran yang termasuk baru. Dalam E-learning itu sendiri pengajar dan pesarta didik tidak perlu berada pada tempat dan waktu yang sama untuk melangsungkan pembelajaran itu. Jadi e-learning bisa di gunakan dimana saja dan kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat.
E-learning memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam menerapkan metode pembelajarannya. Maka dari itu teknologi informasi secara efektif menyediakan dan membantu interaksi antara pengajar dan peserta didik dalam mengefisiensikan dan mengefektifkan pembelajaran. Dengan teknologi informasi, e-learning dapat dimanfaatkan untuk menyediakan bahan ajar dan menyimpan intruksi pembelajaran yang dapat diakses murid kapanpun dan dimanapun mereka berada.
Dilihat dari sudut positif e-learning memiliki banyak kelebihan yang dapat digunakan didunia pendidikan, seperti berikut :

1. Memberikan pengalaman yang menarik dan bermakna bagi peserta didik karena kemampuannya dapat berinteraksi langsung dengan pengajar.
2. Dapat memperbaiki tingkat pemahaman dan daya ingat seseorang (Retention Of Information ) terhadap ilmu yang disampaikan.
3. Mempermudah adanya proses tranfer ilmu dan informasi dalam komunitas on-line, sehingga apabila ada kekurangpahaman bisa saling bertukar pikiran.
4. Administrasi dan pengurusan yang terpusat.
5. Menghemat dan mengurangi biaya pendidikan .
6.Pembelajaran menggunakan internet membuat perhatian terfokus dan tertuju pada peserta didik. Peserta didik menjadi mandiri untuk mengali dan menyaring infomasi pengeahuan yang didapat.
(Munir, 2008 hal : 205).
Sebenarnya E-learning diciptakan semata-mata untuk membantu dan mempermudah proses pengajaran dan pembelajaran di dunia pendidikan. Selayaknya kita memnafaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya dan seefektif mungkin untuk meningkatkan mutu pendidikan sekarang ini.

B. Peran Ubiquitous Computing di Dunia Pendidikan

Ubiquitous computing adalah teknologi yang telah berkembang sekarang akan didistribusikan ke lingkungan, sehingga pengguna teknologi sekarang dapat menggunakan teknologi kapan saja dan dimana saja ( komputer dimana-mana) . Ubiquitous computing diprediksi akan berkembang beberapa tahun lagi, mengingat kebutuhan manusia akan teknologi begitu besar. Saat ini teknologi yang berkembang adalah era Komputer Pribadi (PC) dimana setiap orang memiliki komputer pribadi masing-masing. Ubiquitous computing berupa perangkat baru yang kecil,portable, mobile dan murah. Ubiquitous computing diharapkan akan membantu mengembangkan pendidikan dengan lebih baik lagi melalui teknologi yang berkembang. Komputer baru ini mungkin lebih cocok untuk pendidikan keimbang Komputer personal sebab mampu menyediakan perangkat lebih banyak dari komputer desktop. Karena harganya yang relative murah, murid pun dapat membawa perangkat komputer ini ke lapangan untuk membantu menyelesaikan tugas mereka dan juga bisa dibawa pulang. Mereka bisa meningkatkan kemampuan dan memudahkan pengguna tanpa dibatasi lokasi dan waktu. ( Bitter & Pierson, 2002, _ Santrock hal 500 ).

C.Menerapkan Ubiquitous Computing Dengan Metode E-learning


Pendidikan saat ini terus berkembang seiring dengan majunya teknologi yang ada. Pendidikan sekarang bukan lagi hanya sekedar bertatap muka antara pengajar dan peserta didik. Melainkan sudah berbasis e-learning, metode belajar yang sudah menerapkan teknologi untuk memfasiliasi perangkat pendidikan. Salah satu perangkat penunjang e-learning adalah ubiquitous computing, dimana perangkat ini menyediakan fasilitas komputer yang murah, efektif, mobile dan dapat dibawa kemana pun dan dikerjakan kapan pun oleh penggunanya. Ubiquitous computing sangat cocok dengan metode e-learning karena memudahkan antara pendidik dengan peserta untuk menerapkan proses belajar mengajar yang efisien, efektif, murah, mudah dan dapat dilakukan kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat. Bahkan menggunakan ubiquitous computing ini proses belajar dapat dilakukan denagn keadaan jarak yang jauh sekalipun.( Munir, _ hal; 216 ). Pengajar dapat memberikan materi belajar beserta tugasnya melalui internet dan pesera didik dapat mengases informasi materi belajar beserta tugasnya juga melalui internet. Peserta didik juga bisa berbagi informasi dan sharing dengan peserta didik lain untuk mengerjakan tugas dan mendiskusikan materi yang tidak dipahami. Proses ini biasa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan adanya ubiquitous computing.
Namun yang perlu diingat adalah metode e-learning harus berpusat pada peserta didik ( student centered learning ) bukan pada pengajar ( teacher cantered learning). Diharapkan metode e-learning ini peserta didik menjadi mandiri tanpa mengalami kesulitan dan memahami materi belajar yang diberikan, sehingga pengajar tidak perlu menjelaskan langsung materi belajarnya dan membuat rasa percaya diri peserta didik meningkat seiring dengan diberikan bahan belajar untuk belajar mandiri. ( Munir, hal; 216 )
Sebelum menerapkan e-learning yang menggunakan ubiquitous computing, ada baiknya pengajar menerapkan penggunaan teknologi dikelas terlebih dahulu agar metode e-learning dapat berjalan secra efektif dan bermanfaat. Penggunaan dan memilih teknologi dikelas adalah sebagi berikut:
1.Pilih Teknologi dengan tujuan untuk membantu murid melakukan explorasi aktif, menyusun, dan me-retrukturisasi informasi.
2.Cari cara untuk menggunakan teknologi sebagai bagian dari pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran dunia nyata.
3.Pilih teknologi yang menyajikan model posiif bagi murid.
4.Keahlian pengajaran pengajar amat penting, terlepas dari teknologi yang pengajar pakai.
5.Teruskanlah mempelajari teknologi dan tingkatkan pengetahuan dan kompetensi dibidang teknologi.
( Collins dkk, 1996_ Santrock hal ; 501)

Metode e-learning dan ubiquitous computing harus digunakan secara efekif guna menghasilkan proses belajar-mengajar yang diinginkan. Pengajar dan peserta didik harus berperan aktif dan memiliki kemampuan dan kemauan dalam memanfaatkan metode e-learning yang ada.

DAFTAR PUSTAKA

Santrock,John W . 2008. Psikologi Pendidikan edisi kedua. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
Munir, Dr,. M.IT .2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Minggu, 21 Februari 2010

Qisty Anindiati. S
0901301019

Cerpen diskusi kelompok : tugas diskusi 2


.

Pak Mardi memelihara dua ekor ayam. Ada seekor ayam yang bertelur disebuah peternakan dan ayam biru tersebut menghasilkan 19 telur dan setengahnya busuk. Pak Mardi murung karena kegagalan tersebut sehingga tidak memperhatikan ayam yang satunya lagi.
Sampai suatu hari, seekor ayam yang lepas dari kandang Pak Mardi berlari ke rumah Tina yang memeliki 10 ekor kucing. Pak Mardi semakin murung. Maka dua hari setelah kejadian itu, Pak Mardi berkata kepada anaknya, "Ayah ingin beternak ikan, maka kemarin Ayah membeli 18 telur ikan."

nama kelompok :
(09-009) Hana Zafira

(09-019) Qisty Anindiati S

(09-085) Farah Oktamurdiantri

MY TESTIMONIAL
Banyak hal yang bisa saya petik dari games kemarin, saya sangat terkesan dengan ide dari dosen kami yang mengadakan dan memfasilitasi games yang unik dan keren kemarin..
beberapa pelajaran yang bisa saya ambil yaitu saya dan teman-teman se tim kami menjadi kreatif dan timbul ide- ide difikiran kami mana kala harus mengabungkan 3 kalimat yang berbeda-beda di jadikan satu paragraf yang harus kami fikirkan bagaimana 3 kata itu saling menyambung ( berhubungan ) satu sama lain..
hal lain yang bisa saya ambil, kami menjadi kompak satu sama lain menutupi kekurangan dan kelemahan teman setim. kami juga belajar menjadi orang yang tidak egois, menerima dan mendengarkan pendapat orang lain walaupun kadang pendapatnya itu tidak masuk akal..
dengan adanya games yang diselenggarakan kemarin, selain kami tidak "mengantuk" juga mengajarkan kami untuk berani berkreasi, makin kreatif dan semakin terciptanya rasa keberkawanan yang erat..

MANFAAT BLOG & EMAIL : tugas diskusi 1


.

Dengan dibuatnya blog dan email sebagai bagian media pembelajaran dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan membuat para mahasiswa lebih bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Selain itu dengan blog dan email mahasiswi lebih mengetahui teknologi dan tidak “gaptek” lagi menghadapi era globalisasi yang mana dizaman sekarang sudah lebih dipermudah dengan fasilitas teknologi yang telah ada. Mahasiswa yang tadinya tidak tahu bahkan tidak mengenal blog menjadi lebih maju dan tahu tentang teknologi yang ada sekarang, karena dengan adanya blog dan apabila mata kuliah psikologi pendidikan ini berakhir maka mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas dan bakat mereka dengan menjadikan blog sebagai ladang usaha bisnis,contohnya.
Dengan ditugaskannya untuk memiliki blog serta e-mail, mahasiswa diajarkan untuk memahami hal-hal berikut :
a. Learning to know
Para mahasiswa diharapkan untuk dapat mengetahui tentang manfaat blog dan e-mail dalam pembelajaran, terutama pada zaman dimana teknologi sedang berkembang maju.
b. Learning to do
Belajar untuk membuat blog dan e-mail sebagai media untuk pembelajaran atau untuk keperluan lainnya.
c. Learning to live together
Dengan adanya blog atau e-mail, mahasiswa bisa saling berbagi informasi dengan temannya yang lain serta menjadikannya sebagai media untuk bertukar pikiran.
d. .Learning to be
Menjadikan blog dan e-mail menjadi bagian dari hudup mahasiswa sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupannya dan lingkungannya.
Penggunaan blog dan e-mail sebagai bagian dari metode pengajaran merupakan bagian dari salah satu pendekatan teknologi didunia pendidikan yaitu Integrating Approach. Pendekatan ini ditandai dengan adanya fasilitas-fasillitas yang mendukung pengguanaan teknologi. Pada pendekatan ini juga ditandai dengan penggunaan kurikulum yang menggabungkan dunia teknologi denga pendidikan.
Sebagai mahasiswa, tentu saja kami menganggap dan kami menyambut adanya blog dan e-mail dengan respon yang positif karena kami juga menyadari pentingnya penggunaan teknologi sebagai bagian dari hidup, dimulai dari pembuatan blog dan e-mail. Tentu saja tidak semua orang beranggapan sama. Tapi ini adalah suatu langkah yang bisa membuat kita semakin sadar akan pentingnya teknologi pada saat seperti ini.

Nama kelompok : 09-009 (Hana Zafirah Ardani) 09-019 (Qisty Anindiati) 09-085(Farah Oktamurdiantri)

BOLOS SEKOLAH UNTUK CHATTING DAN BROWSING DIWARNET ( warung internet ) : tugas 1


.

A. Dunia Internet

Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid. Pada kenyataannya internet mengandung informasi yang lebih baru ketimbang buku teks. ( Santrock_ hal:494).

Internet adalah media penyebaran informasi elektronik yang paling murah dan cepat, bayangkan saja dalam beberapa menit saja kita dapat memperoleh informasi baru ter up-to date hanya dengan mengeluarkan sedikit uang. Penggunaan internet didunia pendidikan menjadi metode baru sarana komunikasi yang sangat handal dan sangat bermanfaat bagi kepentingan para peneliti,guru, dan peserta didik. Sehingga penggunaan internet harus lebih dioptimalkan untuk kepentingan dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran. (Munir_ hal:196).

B. Pengaruh Positif dan Negatif Internet Bagi Pelajar

Dewasa ini pengaruh internet sudah mewabah ke seluruh aspek kehidupan. Hampir semua kalangan sudah mengenal dan menggunakan internet. Tidak terkecuali saya sendiri merasakan pengaruh internet yang cukup besar bagi kehidupan saya. Saya mengenal dunia internet saat duduk di bangku SMA. Saat itu guru TIK ( teknologi informasi dan komunikasi ) memberikan kami satu pelajaran berisi tentang alat komunikasi dan informasi baru yang lebih canggih dari radio, televisi dan handpone sekalipun yaitu internet. Melalui teori ia menjelaskan pada kami apa itu internet, bagaimana bentuk internet, dan hal lainnya tentang internet. walaupun pada saat itu hanya berupa teori ( belum masuk jaringan internet kesekolah ) namun sedikit banyaknya saya sudah mulai mengenal internet.
Internet ternyata lebih dari sekedar alat komunikasi dan informasi biasa, internet bahkan merupakan alat teknologi baru yang memberikan semua hal yang dibutuhkan setiap orang, baik komunikasi, informasi maupun rezki sekalipun. Internet merupakan jaringan komputer yang saling terkoneksi dengan jaringan komputer lainnya ke seluruh penjuru dunia ( Kitao,1998¬_ Munir, hal 195).
Saat ini bahkan internet menjadi metode pembelajaran baru di sekolah-sekolah maupun di universitas yang diberikan kepada murid-murid dan mahasiswa. Guru maupun dosen menjadikan internet alat teknologi yang menunjang fasilitas untuk para siswa/i nya.
Namun sayangnya ada beberapa masalah yang disebabkan internet akibat dari penggunaannya yang tidak tepat. Beberapa murid ada yang menyalahgunakan penggunaan internet untuk hal yang tidak baik dan digunakan pada waktu yang tidak tepat. kenyataannya Ada beberapa murid yang membolos sekolah ( cabut) dengan pergi dan duduk-duduk berlama-lama di warnet ahanya untuk sekedar chatting dan browsing gambar-gambar dan film pornografi. Hal ini pernah saya jumpai di warnet dekat rumah saya, saat itu saya ada tugas kuliah dan deadline dikumpul besok. Tugas itu mengharuskan saya mencari data-data yang hanya ada diinternet, kebetulan saat itu modem saya sedang rusak dan tidak bisa dipakai. Mau tak mau saya harus kewarnet demi tugas ini. Saat memasuki warnet tersebut saya begitu kaget dan heran karena disana ada begitu banyak anak sekolah berpakaian SMP & SMA, padahal saat itu pukul 9 pagi yang selazimnya anak-anak sekolah itu ada di sekolahnya masing-masing. Yang lebih membuat saya semakin kaget adalah saya menjumpai bahwa ada tawa sepasang siswa dan siswi SMA yang duduk di ruangan komputer ( di warnet biasanya dibagi bersekat-sekat untuk tempat komputer ). Yang ada dalam fikiran saya adalah mengapa sepasang anak sekolah berada disatu ruangan kecil sambil browsing internet ? . apa yang mereka lihat sampai mereka tertawa seperti itu ?dan yang pertanyaan paling besar dibenak saya adalah mengapa mereka tidak sekolah dan malah “ nongkrong” diwarnet ? . Sekiranya ada banyak lagi kasus-kasus mengenai penyalahgunaan internet dikalangan pelajar sekolah. Pernah juga ada kasus seorang siswi SMA di Jawa menjadi korban penculikan akibat menggunakan situs facebook dan berteman dengan laki-laki yang ternyata adalah penculik dan pemerkosaSeharusnya hal ini tidak perlu terjadi apabila peran pendidik dan orang tua lebih intensif lagi dalam memberikan wawasan kepada murid tentang internet.

C. Tindakan Yang Seharusnya Dilakukan

Untuk menjegah tindakan ini agar tidak terjadi lagi dikalangan pelajar adalah adanya pengawasan ketat dari sekolah maupun orang tua murid sendiri. Teknologi tercipta adalah untuk mempermudah kita dalam mengerjakan sesuatu yang tadinya sulit dilakukan sekarang dengan adanya teknologi semua semakin mudah diselesaikan. Namun ternyata yang diambil manfaatnya oleh para pelajar mengenai teknologi khususnya Internet yaitu hal yang membuat mereka asyik, senang dan istilahnya “ mengambil enaknya” saja. Para pelajar yang rata-rata masih muda dan labil sulit menahan keinginan mereka untuk tahu segalanya tentang internet, karena pada dasarnya diusia seumuran mereka adalah usia ingin tahu dan suka dengan hal-hal baru. Akibat dari kasus-kasus yang tejadi pada pelajar membuat beberapa kalangan menyalahkan internet sebagai teknologi yang merusak dan tidak efektif. Seperti di sebuah pesantren di Jawa, mereka mengharamkan internet khususnya situs facebook ,twitter ,dan chatting YM untuk murid-murid mereka, dengan alasan ketiga situs ini merusak dan tidak baik digunakan oleh-murid-muridnya.. Yang seharusnya disalahkan adalah penggunanya yang tidak mampu menggunakannya sebagai hal positif malah melakukan hal yang negatif. Saya sendiri adalah pengguna aktif internet dan beberapa situs-situs didalamnya, dan kenyataannya sampai saat ini saya masih dalam keadaan baik-baik saja dan tidak terjadi apa-apa pada saya akibat menggunakan internet. kasus-kasus diatas terjadi adalah akibat penyalahgunaan intetnet oleh pengguna yang tidak dapat memilih mana yang baik dan tidak baik.

Disinilah peran pendidik dan orang tua harus lebih aktif memberikan informasi dan mengawasi pelajar dan menggunakan internet. peran guru adalah menempatkan penggunaaan internet secra efektif dikelas seperti:

1. Untuk membantu menavigasi dan menginterogasi pengetahuan. karena internet sifatnya dapat diakses dengan cara yang berbeda-beda, maka ajari para murid bagaimana cara yang baik untuk mendapatkan sumber informasi dari internet.
2. Mendorong belajar bersama.beri para pelajar tugas membuat proyek atau diskusi secara berkelompok
3. Menggunakan e-mail. Murid mengunakan e-mail untuk berkomunikasi dengan murid lain disekolah,negara bagian dan negara lain dengan lebih mudah. Mereka dapat saling bertukar informasi yang diperoleh disekolah masing-masing.
4. Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru. Guru dapat mengakses informasi gratis tentang berbagai topik pendidikan.
( Santrock _ hal ;495)

Peran orang tua adalah mengawasi dan mengatur intensitas anak dalam menggunakan internet. selain orang tua memberikan fasilitas internet dan komputer dirumah juga jangan begitu saja melepas anak tersebut mengakses internet sembarangan. Khususnya orang tua yang memiliki anak lelaki harus lebih aktif dan berhati-hati menjaganya. Karena umumnya anak lelaki lebih berbakat dalam hal teknologi dibanding anak perempuan. peran lingkungan dan pemerintah juga berperan besar dalam mengurangi intensias pelajar untuk mengakses internet pada hal-hal yang tidak baik. Seperi; warnet seharusnya tidak memberikan izin kepada para pelajar untuk berinternet di jam sekolah dan warnet menutup situs-situs yang tidak baik agar tidak dibuka oleh pelajar. Dan peran pemerintah adalah mengawasi warnet-warnet yang mengakses dengan bebas situs porno, juga pihak keamanan harus lebih aktif menjaring para pelajar yang berkliaran dijalan di jam sekolah.
Berbagai perhatian kecil yang diberikan orang tua, guru, lingkungan dan pemerintah dalam mengawasi dan memberikan informasi akan membuat para pelajar lebih bertanggungjawab dan terarah dalam menggunakan internet. internet akan memberikan banyak manfaat bagi siapa saja yang menggunakannya dengan tujuan baik dan juga internet akan memberikan banyak hal yang buruk bagi siapa saja yang mengunakn dengan tujuan yang buruk.

DAFTAR PUSTAKA

Santrock, John. W. 2008. Psikologi Pendidikan edisi kedua. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
Munir,Dr,. M.IT.2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.



Minggu, 07 Februari 2010

Qisty Anindiati. S
0901301019

belajar posting pakai blog..


.

pertama kali ngerasain pakai blog..
selama ini cuma denger-denger aja orang pada pakai blog, tapi belum mau gunain karena ngerasa belum kebutuhan...

walaupun sekarang ini pakai blog juga karena tuntutan tugas, mudah-mudahan dengan mulai pakai blog ini jadi lebih berteknologi dan ga ketinggalan..

Wise Words

Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school - Albert Einstein

Do you want sharing with me..

let's coment my blog.. hehehehe ^^

About Author

Thank you for your attention..

Pages